Rumus Penjumlahan pada Tabel di Microsoft Word


Cipeuyeum Blog - Melakukan penjumlahan dalam tabel Ms Word tidaklah susah. Sebelumnya perlu anda ketahui ada beberapa tipe penjumlahan (reference) dalam tabel yaitu :

ABOVE  >>  menjumlahkan semua cel di atas cel letak formula pada kolom yang sama
BELOW >>  menjumlahkan semua cel di bawah cel letak formula pada kolom yang sama
LEFT   >>  menjumlahkan semua cel di kiri cel letak formula pada baris yang sama
RIGHT   >>  menjumlahkan semua cel di kanan cel letak formula pada baris yang sama

Untuk melakukan operasi penjumlahan dengan rumus

=SUM (reference)

Tapi tunggu dulu, anda tidak bisa langsung mengetik rumus tersebut.Caranya
  • 1. Letakkan cursor pada cel atau field yang akan ditempat hasil penjumlahan.
  • 2. Tekan Ctrl + F9 untuk memasukkan rumus.
  • 3. Ketik rumus penjumlahan misalnya = SUM (ABOVE)
  • 4. Tekan F9 untuk melihat hasilnya.
Berikut contohnya
Kita akan menghitung produksi barang perusahaan x dari tabel berikut :

no tahun jumlah produksi
1 2008 15.200
2 2009 13.800
3 2010 21.098
4 2011 19.870
5 2012 20.007

 TOTAL 89.975

Dengan bentuk tabel seperti itu maka menggunakan rumus = SUM (ABOVE) yang berarti menjumlah produksi secara vertikal ke atas mulai tahun 2008 sebesar 15.200 hingga tahun 2012 sebesar 20.007 dan didapat hasil akhir 89.975 unit yang diproduksi. Untuk bentuk tabel yang lain menyesuaikan rumusnya.
rumus menjumlahkan data tabel microsoft word

Demikian sekilas tentang penjumlahan tabel di microsoft word, Semoga bermanfaat..
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulang Judul Tabel Ke Halaman Berikutnya Pada Microsoft Excel

Cara membuat tabel agar judul tabel menyambung ke halaman berikutnya pada Ms. Word

Menyisipkan Lembar Landscape pada Halaman Portrait Menggunakan Microsoft Word 2007